Untuk Permohonan Pengajuan Administrasi Kependudukan, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Pindah Domisili Sudah Bisa Dicetak di Kantor Desa Alassumur Kulon, Dimohon Untuk Datang Secara Pribadi Ke Kantor Desa Alassumur Kulon Dengan Membawa Dokumen Pendukung Persyaratan yang ASLI. Kepada Warga Desa Alassumur Kulon, segera aktivasi IKD (identitas kependudukan digital) di Kantor Desa Alassumur Kulon, dengan membawa KTP Asli dan Hp Android.

Artikel

Pelantikan PPS Desa Alassumur Kulon Pemiihan Umum Tahun 2024

24 Januari 2023 15:52:11  MOH MUNIR  309 Kali Dibaca 

KRAKSAAN – Sebanyak 990 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Kabupaten Probolinggo resmi dilantik dan diambil sumpah/janjinya di Alun-alun Kota Kraksaan, Selasa (24/1/2023).

Pelantikan yang dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim ini dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, Forkopimda, Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, perwakilan OPD, Forkopimka dan anggota PPK se-Kabupaten Probolinggo.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah/janji diawali dengan pembacaan ikrar dan penandatanganan berita acara sumpah/janji. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas secara simbolis.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim mengungkapkan anggota PPS Pemilu 2024 yang dilantik ini merupakan pilihan terbaik dari yang baik-baik. Dimana peminat dari anggota PPS ini sangat luar biasa hingga mencapai 3.831 pendaftar. Sementara yang dibutuhkan hanya 990 orang.

“Jadi ini hasil saringan dan terbaik dari yang baik-baik. Semoga diberikan kekuatan oleh Allah SWT sehingga bisa menjalankan tugas sampai akhir jabatan dengan amanah dan penuh tanggung jawab,” ungkapnya.

Lukman meminta agar sinergitas antara penyelenggara Pemilu dan stakeholder atau pemangku kepentingan sesuai wilayah kerja mulai dengan PPK, Camat, PPS dan kepala desa bisa terbangun dengan baik. “Tingkatkan profesionalisme sebagai penyelenggara Pemilu 2024,” jelasnya.

Lebih lanjut Lukman menegaskan agar PPK atau PPS harus paham dan menguasai apa tugas, kewajiban dan wewenangnya. Selain profesional mereka juga harus menjunjung tinggi integritasnya.

“Sehingga pemilu akan legitimate apabila penyelenggaranya berintegritas, prosesnya juga berintegritas sehingga hasilnya juga diliputi integritas. Selanjutnya PPS harus siap kerja dan dalam waktu dekat akan membentuk Pantarlih di setiap desanya. Yakni 1 orang per TPS,” terangnya.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengucapkan selamat kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu tahun 2024 yang dilantik dengan harapan dapat menjalankan amanah yang telah diberikan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Pelantikan yang dilakukan pada hari ini merupakan bagian dari upaya kita bersama untuk semakin memperkokoh komitmen agar dalam pelaksanaan pemilu dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 di Kabupaten Probolinggo dapat terlaksana dengan dengan baik, aman, damai dan sejuk,” katanya.

Heri kembali mengingatkan semua untuk selalu merefleksi diri dan memperbaiki segala kekurangan dalam pelaksanaan pemilu yang telah berlangsung sebelum-sebelumnya, sehingga pada pelaksanaan pemilu dan pilkada yang akan datang sudah bisa mengantisipasi kekurangan-kekurangannya.

“Penganglah prinsip pemilu secara global meliputi indepedensi, imparsialitas, integritas, transparansi, efisiensi, profesionalisme dan pelayanan publik. Apabila prinsip tersebut bisa kita jalankan, Insya Allah kepercayaan publik akan semakin kuat terhadap KPU, PPK, PPS dan jajarannya. Kepercayaan masyarakat tersebut tentunya juga akan berdampak terhadap partisipasi masyarakat dalam pemilu dan pilkada serentak di tahun 2024,” tegasnya.

Usai dilantik, 990 orang anggota PPS untuk Pemilu tahun 2024 ini mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang digelar oleh KPU Kabupaten Probolinggo di Gedung Islamic Center (GIC) Kota Kraksaan. (wan)

 

sumber : https://probolinggokab.go.id/990-anggota-pps-pemilu-2024-dilantik/

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Lokasi Kantor Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

CHAT WA ADMIN PELAYANAN DTKS
WEBSITE KABUPATEN PROBOLINGGO PRODESKEL
GODIGITAL LAPOR
PERPUSTAKAAN DIGITAL ALASSUMUR KULON
BPS KABUPATEN PROBOLINGGO
ALASSUMUR KULON MOBILE

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:30
    Kemarin:97
    Total Pengunjung:323.180
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.222.189.51
    Browser:Tidak ditemukan

 Arsip Artikel

 Jam Kerja

  • Hari Mulai Selesai
    Senin 08:00:00 13:00:00
    Selasa 08:00:00 13:00:00
    Rabu 08:00:00 13:00:00
    Kamis 08:00:00 13:00:00
    Jumat 08:00:00 11:00:00
    Sabtu Libur
    Minggu Libur