Artikel

BIMBINGAN TEKNIS RELAWAN PENDATAAN SDGs DESA ALASSUMUR KULON

31 Mei 2021 13:50:55  ipays  402 Kali Dibaca 

www.alassumurkulon.desa.id – Pemerintah Desa Alassumur Kulon pada hari Senin (31/05/2021) telah melaksanakan Bimbingan Teknis Relawan Pendataan SDGs, Bimbingan Teknis dilakukan di Balai Desa Alassumur Kulon dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Hadir dalam bimtek ini adalah Camat Kraksaan, Pj. Kepala Desa Alassumur Kulon, Pendamping Desa, serta Relawan Pendataan SDGs Desa yang telah ditetapkan dalam Keputusan Kepala Desa Alassumur Kulon tentang Kelompok Kerja Relawam Pendataan SDGs Desa Alassumur Kulon.

Acara diawali oleh sambutan Pj. Kepala Desa Alassumur Kulon, Bpk. Komarudin,S.Sos. beliau  menyampaikan banyak – banyak terima kasih kepada relawan yang telah hadir yang petugasnya diambilkan dari Kader PKK dan Kader Posyandu, karena sukses tidaknya pendataan ditentukan oleh bimtek yang diperoleh sebagai bekal relawan dalam melakukan pendataan. Sumber dana dari program ini dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2021. Masing-masing relawan akan dibekali oleh alat kerja berupa kuisioner pendataan serta Alat Perlindungan Diri selama bertugas. Sebagai mitra, terdapat Pendamping Desa, Babhinkamtibmas, dan Babinsa yang akan bersinergi dengan relawan dalam bertugas.

Secara umum, Pokja Relawan pendataan SDGs Desa bertugas untuk melakukan pemutakhiran data pada level Desa, level Rukun Tetangga, level keluarga, dan level individu. Hasil data yang diperoleh seacara offline kemudian dianalisis dan di input ke Aplikasi SDGs sesuai kaidah SDGs Desa, kemudian merekomendasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat sesuai hasil analisis SDGs Desa.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Camat Kraksaan Bpk. Ponirin,S.Sos.M.Si beliau menyampaikan agar pendataan SDGs ini lakukan dengan sepenuh hati dan dor to dor sehingga di dapatkan data yang real dan akurat serta dapat dipertanggung jawabkan, “ Pendataan SDGs ini merupakan Barometer yang akan menentukan kebijakan desa kedepannya” lanjut bpk. Camat.

“ Saya sangat mengapresiasi Peserta bimtek pesertanya adalah ibu – ibu PKK dan Posyandu, ini merupakan Point kader PKK dan Posyandu benar – benar di berdayakan” imbuh bpk. Camat.

Bimtek ini di hadiri oleh dua desa yaitu Desa Alassumur Kulon dan Desa Kandangjati wetan, Relawan (enumerator) dibekali oleh Pointer Offline dan Aplikasi SDGs Desa yang dapat diakses menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Peserta bimtek mengoperasikan aplikasi tersebut didampingi langsung oleh Pendamping Desa dan Admin desa.

Adapun poin yang didata dalam aplikasi tersebut berupa survey desa, survey individu, survey keluarga, survey Rukun Tetangga yang diinput oleh relawan pendataan SDGs. Sedangkan Admin SDGs bertugas mengelola dashboard aplikasi SDGs Desa, memantau data dari relawan, serta melakukan survey desa.

Pendataan SDGs Desa merupakan program baru Kementerian Desa yang dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis desa dengan data induk bersumber dari masing-masing desa. Hasil pendataan akan memuat potensi dan kelemahan di masing-masing desa, sehingga dalam melakukan perencanaan desa berbasis data dapat mempertimbangkan kekurangan, potensi, serta kemajuan padukuhan sehingga pembangunan Desa dapat merata.(ipays)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Desa

Peta Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Dr. SOETOMO No. 109 Desa Alassumur Kulon
Desa : Alassumur Kulon
Kecamatan : Kraksaan
Kabupaten : Probolinggo
Kodepos : 67282
Telepon : 03354514916
Email : info@alassumurkulon.desa.id

Aparatur Desa

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:200
    Kemarin:344
    Total Pengunjung:89.224
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.89.204.127
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel