| Info Terkini:
Selamat Datang Di Website Desa Alassumur Kulon || Bagi Penduduk Yang Masih Belum Melakukan Perekaman KTP, dimohon untuk segera mendatangi Kantor Desa Alassumur Kulon dengan membawa KK Asli.  

SOSIALISASI Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Desa Alassumur Kulon Tahun 2020

ipays 05 Februari 2020 12:20:53 Berita Desa

Alassumurkulon.desa.id – Pj. Kepala Desa Alassumur Kulon Bpk,. Komarudin, S.Sos mengadakan acara Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2020 yang digelar Pemerintah Desa Alassumur Kulon, Rabu(29/1/20).

Adapun narasumber pada sosialisasi PTSL yaitu dari Kantor Pertanahan Kabupaten Probolinggo ,Pj. Kepala Desa Alassumur Kulon, Bpk.Camat Kraksaan, Danramil 0820 Kraksaan, Kapolsek Kraksaan serta di hadiri oleh RT/RW Desa Alassumur Kulon Serta Sebagian Pemilik Lahan/Tanah Di Desa Alassumur Kulon.

Bpk. Komarudin Sebagai PJ. Kepala Desa Alassumur Kulon mengatakan, maksud sosialisasi ini untuk menyamakan presepsi dalam PTSL yang akan dilaksanakan di Desa Alassumur Kulon dengan tujuan agar proses pelaksanaan lancar, tepat dan cepat untuk menghindari adanya pungutan liar dan meningkatkan pelayanan masyarakat.

"Dengan diadakan sosialisasi ini diharapkan agar stakeholder terkait bisa menyusun langkah dan strategi yang tepat dalam menjalankan program pemerintah pusat ini," Katanya.

Sementara itu, Pj. Kepala Desa alassumur kulon mengungkapkan bahwa Ia menginginkan perencanaan tersambung di setiap Dusun dan RT RW, karena perencanaan di desa pun juga harus linier dengan pemkab, pemprov dan pemerintah pusat. PTSL ini adalah program nasional dan di desa alassumur kulon menjadi hal penting.

"PTSL ini kan tujuannya untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum terhadap hak atas tanah secara pasti bagi kepemilikan perseorangan maupun aset Pemerintah Daerah, hambatan saat ini masih banyak masyarakat masih belum memiliki sertifikat tanah,"Kata Bpk. Komarudin ketika menjadi narasumber acara tersebut.

Bpk. Komarudin juga ingin PAD di tahun 2020 meningkat, dengan pemetaan tanah yang sistematis dapat untuk meningkatkan PAD di desa alassumur kulon, karena sudah banyak pembangunan-pembangunan yang dilakukan Pemerintah, dimaksudkan agar masyarakat dapat merasakan kenyamanan dan kesejahteraan. Apabila PAD meningkat pasti geliat perekonomian di masyarakat meningkat.

Setelah acara sosialisasi selesai selanjutnya diadakan musyawarah desa untuk memilih POKMAS (Kelompok Masyarakat), Pokmas tersebut mewakili tiap dusun, dusun masjid 2 orang, dusun Krajan 1 orang, dusun jujuk 1 orang, dusun kantor 1 orang dan dusun wakaf 2 orang, dari hasil musyawarah telah di tetapkan dan disetujui oleh anggota musyawarah adalah :

  1. Maidi (Dusun Jujuk) sebagai Ketua
  2. Misnatun (Dusun Masjid) sebagai Bendahara
  3. Ahmad Taufik (Dusun Krajan) sebagai Sekretaris
  4. Syafiuddin (Dusun Masjid) sebagai anggota
  5. Sabar (Dusun Kantor) sebagai anggota
  6. Jamaluddin (Dusun Wakaf) sebagai anggota
  7. Ilham Sendiko (Dusun Wakaf) sebagai anggota

langkah sosialisasi dan membentuk Pokmas ini dilakukan guna menyukseskan program PTSL. Artinya, dari 5 dusun yang ada, masyarakat diarahkan untuk membentuk Pokmas. Nantinya, Pokmas bertugas untuk melakukan pendataan di masing-masing dusun. Untuk masyarakat yang ingin mendaftar PTSL, diarahkan melalui Pokmas.

Terkait teknis pelaksanaan akan diserahkan  sepenuhnya kepada Pokmas. Yang jelas, Pemdes hanya melakukan sosialisasi dan pengawasan terhadap program ini. Jika memang pemohon dikenakan biaya, maka itu atas kesepakatan masyarakat dan Pokmas yang di catat dalam Berita Acara. untuk program PTSL sendiri, mekanisme secara umum masyarakat yang berkoordinasi dengan Pokmas. Baik untuk pembuatan pal, Pengadaan Patok, dokumen, materai dan syarat lainnya. Sehingga, dalam program ini Pemdes hanya memberikan arahan sesuai instruksi dari Pemkab dan BPN. Agar apa yang menjadi program sertifikasi lahan ini bisa berjalan dengan baik. (ipays)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image Ganti gambar
  Isikan kode sesuai gambar
 

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Peta Desa

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jln. DR. Soetomo No. 109 Alassumur Kulon
Desa Alassumur Kulon
Kecamatan Kraksaan
Kabupaten Probolinggo
Kodepos 67282
Telepon 0335-4514916
Email admin@alassumurkulon.desa.id

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Sinergi Program

SISKEUDES website kabupaten probolinggo
prodeskel djp online
Lapak