| Info Terkini:
Selamat Datang Di Website Desa Alassumur Kulon || Bagi Penduduk Yang Masih Belum Melakukan Perekaman KTP, dimohon untuk segera mendatangi Kantor Desa Alassumur Kulon dengan membawa KK Asli.  

PEMASANGAN TANDA BATAS (PATOK) PTSL DESA ALASSUMUR KULON TAHUN 2020

ipays 05 Februari 2020 12:49:44 Berita Desa

POKMAS dan Pemerintah Desa Alassumur Kulon melaksanakan Pemasangan Tanda Batas (Patok) sementara di tiap tiap Blok/Dusun, Selasa (28/1/2020) yang selanjutnya akan diadakan pengukuran luas dari BPN. Gerakan ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen dalam menyukseskan Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) dan Tertib Administrasi Pertanahan Aset Pemdes Alassumur, Dalam kesempatan ini, Bpk. Pj. Alassumur Kulon Bpk. Komarudin turut melakukan pemasangan tanda batas secara simbolis..

Pj. Alassumur Kulon Bpk. Komarudin mengatakan dengan penerapan gerakan ini diharapkan tidak ada lagi tanah masyarakat yang tidak bersertifikat dan masyarakat memiliki peluang yang sama agar terpetakan tanahnya secara sistematis. Dengan begitu, pendataan akan lebih mudah dan status tanah akan lebih jelas, serta terselesaikannya polemik tentang batasan tapak tanah. Sehingga, masyarakat akan memperoleh kepastian hukum sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok Pokok Agraria (UUPA), Pasal 19 dan Penjelasan Umum angka IV, mengisntruksikan kepada Pemerintah untuk melaksanakan pendaftaran tanah yang bertujuan untuk menjamin kepastian hukum (rechts-kadaster).

“Hari ini kita melakukan Pemasangan Tanda Batas (Patok) Kita berharap tahun 2020, Desa Alassumur Kulon akan memiliki satu peta dasar, yang akan menjadi rujukan untuk semua informasi kewilayahan di desa alassumur Kulon. Ini moment yang punya implikasi yang luar biasa, karena persoalan tanah salah satu yang paling mendasar bagi kehidupan masyarakat, apalagi di pedesaan. Desa Alassumur Kulon mendapatkan kuota 2.100 (dua ribu seratus) bidang untuk di daftarkan di program PTSL ini.

Guna menyukseskan PTSL dan Tertib Administrasi Pertanahan Aset Desa Alassumur Kulon, Pj. Kepala Desa Alassumur Kulon menginstruksikan kepada Perangkat Desa, RT RW untuk terus menyosialisasikan program PTSL kepada masyarakat pemilik tanah di wilayah masing-masing, juga berperan aktif mengajak dan mendampingi masyarakat pemilik tanah di wilayahnya untuk memasang tanda batas (patok) bidang tanah miliknya.

“Di Desa Alassumur Kulon Salah satu masalah utamanya adalah pencatatan ukuran bidang tanahnya. Kita menghadapi kendala di lapangan dalam pengukuran, terutama BPN. Karena, kalau datang ke lokasi tanah-tanah yang belum tercatat, di sana belum tentu menemui pemiliknya. Tapi, (gerakan) sertifikasi ini hanya bisa berjalan jika data-data tentang tanahnya itu lengkap. Dan, salah satu datanya adalah ukurannya. (Untuk itu) hari ini kita bersama POKMAS, RT RW Melakukan pemasangan tanda batas (patok). Imbuhnya.

Pemasangan tanda batas menjadi sangat penting, sehingga meskipun pemilik tanah tidak ada di tempat, apabila tanda batasnya sudah terpasang atau terlihat dengan jelas, maka pengukuran tetap dapat dilaksanakan oleh BPN dengan dibantu penunjukan batasnya oleh aparat pemerintah setempat (RT, RW atau pokmas). Tentu saja pemasangan tanda batas bidang tanah ini harus dilaksanakan bersama-sama dan atas persetujuan pemilik bidang tanah yang berbatasan. (ipays)

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image Ganti gambar
  Isikan kode sesuai gambar
 

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Peta Desa

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jln. DR. Soetomo No. 109 Alassumur Kulon
Desa Alassumur Kulon
Kecamatan Kraksaan
Kabupaten Probolinggo
Kodepos 67282
Telepon 0335-4514916
Email admin@alassumurkulon.desa.id

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Sinergi Program

SISKEUDES website kabupaten probolinggo
prodeskel djp online
Lapak