• Jl. Dr. SOETOMO No. 109 Desa Alassumur Kulon
  • 03354514916
  • info@alassumurkulon.desa.id

SOSIALISASI DAN PEMBENTUKAN TIM PENYUSUN RENCANA KERJA PEMERINTAH DESA (RKPDes) T.A 2021

23 Juli 2020 ipays Dibaca 97 Kali

Alassumurkulon.desa.id – Pemerintahan Desa Alassumur Kulon menggelar Musyawarah Desa Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP desa) untuk tahun 2021 yang di langsungkan di Kantor Desa Alassumur Kulon kecamatan Kraksaan kabupaten Probolinggo , Kamis (23/7/2020).

Dalam kegiatan Musdes RKP desa ini dipimpin oleh ketua BPD desa Alassumur Kulon Bpk. Rayhan yang dalam sambutan dan arahannya yang memuat pokok-pokok pikiran BPD dengan menyampaikan bahwa Musdes ini di lakukan sebagai instrumen penilaian kinerja perangkat desa, dalam mengukur efektivitas pelaksanaan tugasnya.

“Musyawarah RKP desa ini sebagai perencanaan tahunan untuk mencapai tujuan akhir yang ditetapkan di dalam RPJM Desa.

“Kegiatan ini mengacu pada peraturan menteri desa No.17 tahun 2019 tentang pedoman umum pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa”. Ujar Ketua BPD Desa Alassumur Kulon Bpk. Rayhan.

Kasi Pembangunan Kecamatan Kraksaan Bpk. Muhdar,  di kesempatan itu menyampaikan bahwa “RKPDes ini disusun dengan maksud sebagai kerangka acuan bagi Kepala Desa dan perangkat Desa dalam menyusun program dan kegiatan tahunan yang sinergis sesuai tugas pokok fungsinya untuk mewujudkan tercapainya visi misi yang telah ditetapkan dalam RPJM Desa”.

“Selain itu sebagai instrumen akuntabilitas dan transparansi manajemen pamerintah desa kepada masyarakat maupun elemen pemerhati pemerintahan yang berkepentingan untuk memantau kinerja pemerintah desa, jelasnya Bpk. Muhdar.

Sementara itu Pj.Kepala Desa Alassumur Kulon bpk. Komarudin,S.Sos dalam sambutannya mengatakan, ” Dalam Musdes RKP Desa ini adalah untuk mencapai tujuan yang ingin di capai dalam perencanaan tahunan Desa dalam upaya mewujudkan rencana pembangunan jangka menengah desa selama enam tahunan, ungkapnya.

“Setiap tahun penyusunan RKP desa ini di tetapkan untuk kegiatan dalam setahun yang ada dalam RPJM, Desa” terang bpk. Komarudin.

“Selain itu juga agar tercapainya pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien dan efektif dalam pembangunan desa menuju desa yang maju mandiri dan sejahtera, tukas Bpk. Komarudin.

“Oleh karena  itu berangkat dari maksud dan tujuan tersebut, maka kedudukan Rencana Kerja Pemerintah Desa yaitu sebagai dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan Pembangunan Desa dan menuntun kearah tujuan pencapaian visi dan misi Desa, pungkas Pj. Kepala Desa.

Dalam pertemuan tersebut Pj. Kepala Desa Alassumur Kulon lebih lanjut memaparkan kegiatan fisik dan non fisik yang telah teralisasi tahun 2020 maupun kegiatan tahun berjalan.

Usai pemaparan pokok-pokok pikiran BPD dan Anggota rapat dan pemaparan realisasi kegiatan tahun berjalan oleh Pj. Kepala Desa Alassumu Kulon serta aspirasi masyarakat yang akan di muat dalam RKP Desa di lanjutkan dengan pembentukan tim penyusun RKPDesa tahun 2021.

Kegiatan ini di hadiri oleh Bpk. Camat Kraksaan Bpk. Muhammad Ridwan,AP.MM, Kasi Pembangunan, Kasi Ekonomi dan Kasi Kesra Kecamatan Kraksaan, Bhabinkantimas, Babinsa, Kader PKK dan Posyandu, perangkat desa, Para Ketua RT dan RW, Karang Taruna, lembaga desa dan tokoh masyarakat desa Alassumur Kulon.- (ipays).

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar