Selamat Datang Di Website Desa Alassumur Kulon || Bagi Penduduk Yang Masih Belum Melakukan Perekaman KTP, dimohon untuk segera mendatangi Kantor Desa Alassumur Kulon dengan membawa KK Asli.  

SOSIALISASI DAN REMBUK STUNTING DESA ALASSUMUR KULON

ipays 28 Agustus 2019 10:15:32 Info Kesehatan

www.alassumurkulon.desa.id -  Guna untuk melakukan penanganan dan pencegahan stunting di Desa Alassumur Kulon Kec. Kraksaan, Pemerintah Desa Alassumur Kulon melalui Kader Pembangunan Manusia (KPM) Desa Alassumur Kulon  mengadakan sosialisasi dan rembuk stunting dalam rangka percepatan, pencegahan dan penanganan stunting terintegrasi. Rembuk dibuka oleh Kepala Desa alassumur Kulon,  di Pendopo Kantor Desa Alassumur Kulon, Rabu (28/8/2019).

Sosialisasi dan Rembuk Stunting di hadiri  oleh, Perangkat Desa, Kader PKK, Kader Posyandu, Pendamping Desa dan sebagian warga Desa Alassumur Kulon.

RARA dari TA Kabupaten Probolinggo yang ikut hadir dan menjadi narasumber mengatakan stunting adalah kondisi gagal tumbuh kembang pada anak balita, akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1000 Hari Pertama Kehiupan (HPK). “Secara fisik, kondisi stunting dapat dilihat dari pertumbuhan tinggi badan per umur yang tidak sesuai dengan standar pertumbuhan yang seharusnya. Akibat terburuk nya adalah perkembangan dan pertumbuhan otak anak, sehingga kecerdasan anak tidak maksimal yang tentu saja akan menimbulkan masalah secara social yang bisa memepengaruhi masa depan serta produktivitas anak tersebut,” kata rara.

Lebih lanjut tambahnya rembuk stunting dilaksanakan guna menyampaikan hasil analisis situasi dan rancangan kegiatan intervensi penurunan stunting terintegrasi di desa Alassumur Kulon, mendeklarasikan komitmen Pemerintah Desa Alassumur Kulon dalam intervensi penurunanan stunting terintegrasi, menyepakati rencana kegiatan intervensi penurunan stunting terintegrasi, membangun komitmen publik dalam upaya intervensi penurunan stunting terintegrasi. “Output yang diharapkan dari rembuk stunting ini adanya komitment penurunan stunting terintegrasi dan rencana kegiatan intervensi gizi terintegrasi,”ucapnya.

“Analisis situasi stunting desa adalah proses yang memakan waktu, data – data yang dikumpulkan sangat detail dan terkadang data harus diolah lintas OPD. Namun kami tidak putus asa , banyak pembelajaran yang kami dapatkan dari proses ini antara lain semakin jelasnya permasalahan stunting bagi KPM, sehingga ada peningkatan komitmen terhadap pencegahan dan penanggulangan stunting,”ujarnya.

rara juga mengatakan rembuk stunting adalah upaya untuk memantapkan langkah – langkah nyata menghadapi adanya kasus stunting di Desa Alassumur Kulon yang menjadi prioritas Desa yang merupakan program nasional. “Dalam rembuk ini saya harap adanya komitment dan konsistensi kita dalam menjalankannya, jika tidak ada komitmen dan konsistensi harapan kita untuk  mencapai Desa Alassumur Kulon bebas stunting tidak bisa berjalan dengan baik," katanya.

rara juga meminta agar penguatan pungsi Puskesmas, Posyandu, PKK dan kader – kader yang berperan di dalamnya mempunyai komitmen dan konsisten dalam menjalankan tugasnya. Melakukan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya usia ideal perkawinan. Usia  23 tahun untuk pria dan 21 tahun untuk perempuan.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image Ganti gambar
  Isikan kode sesuai gambar
 

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Peta Desa

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jln. DR. Soetomo No. 109 Alassumur Kulon
Desa Alassumur Kulon
Kecamatan Kraksaan
Kabupaten Probolinggo
Kodepos 67282
Telepon 0335-4514916
Email admin@alassumurkulon.desa.id

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Sinergi Program

SISKEUDES website kabupaten probolinggo
prodeskel djp online
Lapak